Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang

Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang

Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang - Ikan cupang sebagai salah satunya tipe ikan yang gampang perawatannya. Namun, dalam beberapa keadaan ada penyakit yang bisa serang ikan cupang piaraan kalian. Meskipun ikan cupang terhitung tipe ikan yang tahan membanting pada bermacam gempuran penyakit.

Betta lovers, salah satunya penyakit yang bisa serang ikan cupang ini adalah pop eye atau mata cupang lebam membesar. Kamu tidak perlu resah, karena di kesempatan sekarang ini kita akan mengulas pemicu mata ikan cupang jadi membesar, dan langkah menanganinya. Oke langsung yok kita baca beritanya bersama yang sudah cupang sehat kumpulkan berikut ini ya!

Apa pemicu Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang?

Betta lovers, penyakit pop eye atau mata cupang jadi membesar bisa serang ikan secara mendadak atau tanpamu kenali. Meskipun tipe penyakit ini jarang ada, tetapi tidak boleh kamu kira mudah karena memiliki dampak yang cukup beresiko untuk ikan cupang. Penyakit ini bisa juga menyebar, meskipun benar-benar kecil peluangnya.

Ada banyak pemicu penyakit pop eye atau mata cupang jadi membesar, yaitu:

  • Keadaan air yang buruk di lingkungan kalian.
  • Air dalam akuarium tempat piaraan cupang telah kotor dan kelamaan tidak ditukar.
  • Memberinya pakan alami seperti jentik nyamuk atau yang lain yang kurang higienis, contoh pakan tidak dicuci dengan bersih.
  • Peluang cupang telah terkena penyakit ini dari tempat sebelumnya.

Perlu kalian kenali betta lovers, jika penyakit pop eye ini terjadi karena infeksi bakteri yang serang organ mata pada ikan cupang. Mengakibatkan salah satunya sisi mata cupang alami bengkak. Bila infeksi itu makin kronis, karena itu dapat serang ke-2  mata ikan.

Tanda-tanda Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang

  • Cupang tidak ingin makan
  • Cupang jadi lemas
  • Gerak ikan jadi tidak gesit
  • Ikan cupang kerap diam di permukaan air
  • Ikan cupang kerap diam pada permukaan soliter
  • Warna badan ikan jadi lebih pucat

Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang

  • Menukar air akuarium dengan teratur
  • Bersihkan akuarium tiap 1 sampai dua minggu
  • Yakinkan juga suhu air dalam akuarium masih tetap hangat yakni sekitaran 25-27oC
  • Selalu jaga pH air supaya bagus yaitu di antara 6,5 atau 7
  • Bila perlu belilah alat dH air untuk mengetes kesadahan air dalam akuarium
  • Mengenalkan ikan baru ke akuarium secara berhati-hati

Cara ampuh menyembuhkan penyakit pop eye pada ikan cupang 

1. Langkah awal kamu perlu menutup ikan cupang yang sakit ditambah dulu.

2. Mengeluarkan bermacam dekor yang memiliki pojok tajam dalam akuarium, atau ikan yang memiliki sifat agresif untuk cupang.

3. Tambahkan garam epsom atau kerap disebutkan Magnesium sulfat ke akuarium tiap tiga hari sekali. Dengan ukuran 1 sdm garam untuk 20 liter air. Ini bermanfaat untuk hilangkan cairan yang menimbun ada di belakang mata cupang.

4. Tambah antibiotik seperti ampisilin ke akuarium, untuk memudahkan lebam pada mata cupang. Lalu tukar airnya tiap tiga hari sekali, dan masih tetap beri antibiotik itu sepanjang satu minggu bahkan juga saat mata cupang sudah pulih. Bila mata cupang yang lebam belum terlampau kronis, kamu dapat menggunakan antibiotik seperti sulfadimidin atau eritrominisin.

5. Sesudah penyakitnya pulih, kamu bisa balikkan cupang ke akuarium yang airnya bersih.

Sekian ulasan dari kita mengenai Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang, dan langkah Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang. Umumnya penyakit itu dapat pulih dalam beberapa minggu sampai bulan. Tetapi, bila penyakitnya terlampau kronis karena itu kamu perlu menutup cupang secara permanen. Simak juga : Beberapa negara pemroduksi ikan cupang terbaik.

Top~
Top~ Seorang Blogger Nubie yang Ingin Terus Berkarya ...

Posting Komentar untuk "Cara Menyembuhkan Penyakit Pop Eye pada Ikan Cupang"