Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anjuran Rasulullah SAW Untuk Makan dan Minum Sambil Duduk

Anjuran Rasulullah SAW Untuk Makan Dan Minum Sambil Duduk

Anjuran Rasulullah SAW Untuk Makan Dan Minum Sambil Duduk. Waktu kita kecil kita selalu di marahi oleh kedua orang tua kita kalau sedang makan atau minum sambil berdiri bukan?

Saya pun demikian, saat hendak minum sambil berdiri saya selalu di di larang dan disuruh untuk duduk terlebih dahulu. Ternyata minum dan makan sambil duduk adalah anjuran dari Rasullullah SAW.

Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah SAW bersabda,
" Sesungguhnya beliau melarang minum sambil berdiri, Qotadah berkata, bagaimana dengan makan ? Rasulullah menjawab, Itu lebih buruk lagi. "( HR. Muslim dan Turmidzi )

Anjuran Rasulullah SAW Untuk Makan Dan Minum Sambil Duduk

Ada pula hadist lainnya yang berhubungan dengan masalah makan dan minum sambil berdiri, berikut hadist nya.

Bersabda Nabi dari Abu Hurairah,
" Jangan kalian minum sambil berdiri ! Apabila kalian lupa, maka hendaknya ia muntahkan. " ( HR. Muslim )
Dari kedua hadist di atas dapat kita simpulkan bahwa makan dan minum sambil berdiri dilarang oleh Rasulullah SAW. Dan pasti nya jikalau Rasulullah SAW melarang suatu perkara pasti ada sebab dan manfaat nya, kemudian apa sajakah manfaat makan dan minum sambil duduk ??

Manfaat Makan Dan Minum Sambil Duduk Bagi Kesehatan.

1. Menyehatkan Pencernaan

Ketika kita makan atau minum sambil berdiri, makanan yang masuk melalui tenggorokan akan langsung jatuh ke dasar usus secara keras.

Dan apabila ini terjadi terus menerus maka akan mengakibatkan melarnya usus dan rusaknya fungsi pencernaan dalam hal ini lambung.

Sementara jika kita makan dan minum sambil duduk maka makanan yang masuk melalui tenggorokan akan secara perlahan dan lembut turun ke dalam usus sehingga lebih menyehatkan.

2. Ginjal Menjadi Lebih Sehat

Saat kita makan ataupun minum sambil duduk maka makanan tersebut akan di saring oleh Sfringer yang bisa membuka dan menutup sesuai fungsi nya.

Namun jika kita makan atau minum sambil berdiri Sfringer tidak akan berfungsi sehingga makanan dan minuman tidak ada yang menyaring dan langsung menuju kandung kemih.

Selain menyebabkan penyerapan ke tubuh tidak sempurna makan atau minum sambil berdiri juga dapat menyebabkan masalah pada ginjal.

3. Menyegarkan Tubuh

Minum sambil duduk bisa juga membantu menyegarkan tubuh, karena saat kita duduk air akan masuk ke Maiddah atau lambung dan nanti nya akan di pompa oleh jantung untuk di alirkan ke seluruh tubuh. 

Hal ini akan menimbulkan kesegaran dalam tubuh, lain hal nya jika kita minum sambil berdiri, cairan akan langsung turun ke organ bagian bawah dan tidak akan di pompa keseluruh tubuh.

4. Tubuh Lebih Rileks / Menenangkan Syaraf

Selanjut nya jika minum atau pun makan sambil duduk bermanfaat juga pada tubuh, tubuh akan lebih rileks dalam memproses makanan atau minuman di dalam tubuh.

Sehingga kita bisa lebih santai dan menikmati makanan atau minuman tersebut. Sebalik nya jika kita melakukannya sambil berdiri tubuh tidak akan rileks jadi lebih baik nya untuk makan dan minum sambil duduk.

5. Terhindar Dari Penyakit Asam Lambung

Menurut Dr. Ana Budi Rahayu SpS, makan atau minum sambil berdiri dapat mengakibatkan terjadi nya Reflux Asam Lambung, yaitu asam lambung akan naik ke Esofagus dan menyebabkan sel pada kerongkongan teriritasi. Untuk mengatasi nya kita harus melakukan makan dan minum sambil duduk.

Itulah Manfaat Makan Dan Minum Sambil Duduk Bagi Kesehatan yang sudah di anjurkan oleh Rasulullah SAW dan di dukung oleh penelitian dokter modern pada jaman sekarang.

Itu membuktikan bahwa segala sesuatu yang di anjurkan Rasulullah SAW pasti memiliki manfaat yang baik. Jadi mulai sekarang biasakan lah makan dan minum sambil duduk yaa.
Top~
Top~ Seorang Blogger Nubie yang Ingin Terus Berkarya ...

Berlangganan via Email