Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Anak Indonesia Wajib Tahu! Jenis-jenis Ular yang Beragam Ini

Jenis-jenis Ular yang Hidup di Alam Indonesia

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai jenis ular. Mulai dari ular-ular yang memiliki racun seperti bisa sampai pada ular-ular yang tidak berbisa. Jenis-jenis ular di Indonesia tersebut menambah ragam jenis hewan yang ada di Indonesia.

Selain itu, ular juga merupakan salah satu hewan yang menjadi faktor penting dalam siklus rantai makanan. Untuk bisa melihat berbagai jenis ular yang ada di Indonesia khususnya yang besar dan langka, bisa mengunjungi kebun binatang.

Berbagai Jenis Ular di Indonesia

Jenis-jenis ular di Indonesia yang perlu untuk diketahui di antaranya sebagai berikut.

1. Ular Bangkai Laut

Merupakan jenis ular berbisa yang biasa hidup di pohon. Ular ini memiliki tubuh yang cukup ramping dengan warna hijau yang mencolok.

Ular bangkai laut biasanya banyak ditemui di dalam hutan. Sifatnya agresif dan mudah menggigit jika merasa terganggu. Biasanya beberapa orang terserang gigitan ular ini di hutan ketika tidak sengaja mengganggu ketenangan si ular.

2. Ular Jali

Merupakan jenis ular yang memiliki makanan utama berupa tikus. Jenis ular ini banyak ditemui di sawah dan memburu tikus-tikus yang hidup di sawah.

Keberadaan ular Jali ini tentunya banyak membantu para petani dalam memberantas tikus-tikus di sawah yang akan merusak dan memakan padi-padi yang sudah tumbuh.

3. Ular Kobra

Jenis ular ini memiliki bisa yang mematikan dan panjang tubuh yang luar biasa. Sifat dari ular ini sebenarnya agresif, akan tetapi tidak jarang sebagian orang justru bisa bersahabat dengan ular kobra ini. Anda tentu pernah menyaksikan atraksi ular kobra dengan pawangnya.

Selain ketiga jenis ular tersebut, masih banyak jenis ular lainnya yang ada di Indonesia. Ular-ular tersebut di antaranya ular tambang, ular air, ular sanca hijau, ular sapi, ular birang, ular babi, ular cecak, ular serasah, ular cincin mas, ular gadung, da masih banyak lagi.

Pentingnya Mengetahui Jenis Ular

Mengetahui berbagai jenis ular yang ada di Indonesia adalah hal yang penting. Ketika suatu hari bertemu denga ular, setidaknya kita sudah mengetahui apakah ular tersebut termasuk ular berbisa atau tidak.

Setelah itu, mengetahui cara-cara pertahanan diri dari serangan ular pun menjadi hal yang penting dan seharusnya diketahui oleh setiap orang.

Jenis-jenis ular di Indonesia merupakan bagian keberagaman satwa yang dimiliki oleh Indonesia, Meskipun tidak semua jenis ular merupakan ular asli Indonesia.

Tetapi keberadaan mereka juga adalah bagian penting dari ekosistem alam di Indonesia. Semoga informasi mengenai jenis ular yang ada di Indonesia dalam artikel ini bisa bermanfaat bagi pembaca.
Top~
Top~ Seorang Blogger Nubie yang Ingin Terus Berkarya ...

Berlangganan via Email