Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Cara Mengalahkan Pesaingan Bisnis Di Tengah Ketatnya Pesaingan

Cara Mengalahkan Pesaingan Bisnis

Dalam bisnis, pesaing merupakan hal yang akan membuat seorang pebisnis menjadi lebih agresif atau lebih aktif untuk tetap maju.

Hal tersebut memang wajar, pasalnya tidak ada seorang pebisnis yang ingin kalah saing atau usaha mereka tidak menghasilkan apa-apa, sehingga berbagai macam cara untuk mengalahkan pesaingan dalam dunia bisnis pun akan mereka lakukan, mulai meningkatkan pelayanan, gencar dalam berpromosi, meningkatkan kualitas produk dan lain sebagainya.

Bukan hanya bisnis offline atau dunia nyata saja, tapi hal tersebut juga berlaku pada pelaku bisnis online. Dan justru, tingkat pesaingan dalam bisnis online sekarang ini jauh lebih ketat di bandingkan sebelumnya. Pasalnya banyak pebisnis online pemula yang bermunculan dan pebisnis pemula juga memiliki ambisi yang sama, yang mana ingin jadi yang terbaik dan bisnisnya bisa berjalan lancar sesuai harapan mereka.

Oleh karena itu, perlunya strategi untuk meningkatkan bisnis agar bisa mengalahkan pesaingan dalam bisnis yang di gelutinya. Sedikitnya, seorang pebisnis harus tahu celah untuk menciptakan sebuah strategi atau terobosan untuk mengalahkan pesaingan bisnis.

Tidak perlu jauh-jauh, ambil saja Woroanyar sebagai contohnya. Bahwa, baru beberapa bulan saja Woroanyar didirikan itu sudah ada situs jual beli blog baru yang sama - sama melayani jual beli blog yang mana ini merupakan pesaing Woroanyar dalam bisnis jual beli blog di Indonesia.

Lalu bagaimana Woroanyar menyikapinya?

Simaklah terus artikel ini untuk mengetahui cara memenangkan pesaingan bisnis yang Woroanyar lakukan. Seperti yang telah saya katakan di atas, bahwa dengan adanya pesaingan inilah, pelaku bisnis akan menjadi lebih kuat dan lebih agresif dalam melakukan tindakan - tindakan untuk memajukan bisnisnya tersebut.

Tips Cara Mengalahkan Pesaingan Bisnis Di Tengah Ketatnya Pesaingan.


1. Tetap Tenang.


Anda tidak perlu panik akan hal ini, justru kepanikan yang ada pada diri anda akan membuat anda semakin tidak terarah atau tidak bisa berfikir jernih dalam melakukan tindakan-tindakan terhadap bisnis yang anda jalankan.

Jangan sampai kredibilitas bisnis anda menurun dengan cara yang anda lakukan. Tenang bukan berarti anda diam saja, namun tetap melakukan tindakan terbaik pada bisnis. Dengan bersikap tenang, tentu kita bisa berfikir jernih untuk menciptakan strategi dalam mengalahkan pesaingan.

2. Tingkatkan Pelayanan.


Pelayanan merupakan faktor atau bagian dari bisnis yang memiliki pengaruh besar terhadap kemajuan bisnis tersebut. Tak heran kalau dengan mengandalkan pelayanan terbaik saja bisnis bisa sukses besar.

Kepuasan pelanggan tentu faktor utama dan salah satu hal yang dapat membuat pelanggan puas yaitu pelayanan terbaik. Sehingga, salah satu cara untuk mengalahkan pesaingan pada bisnis yang bisa anda lakukan yaitu meningkatkan kualitas pelayanan.

Perlu anda ketahui, bahwa satu pelanggan saja bisa mendatangkan 1000 pelanggan baru hanya karena pelayanan yang di berikan. Fakta membuktikan bahwa, pelanggan pertama yang merasa puas dengan pelayanan yang anda berikan, mereka juga sudah pasti akan merekomendasikan juga layanan anda pada orang lain, entah itu pada saudara, teman maupun rekan kerja mereka terkait layanan yang kita berikan.

Jadi, anda harus tahu strategi dalam memberikan pelayanan untuk para pelanggan agar mereka bisa terpuaskan dengsn pelayanan yang anda berikan.

Apabila strategi pelayanan pada bisnis anda sekarang masih terbilang biasa atau cenderung kurang maksimal, maka tingkatkan sekarang juga dan berikan pelayanan terbaik anda untuk para pelanggan anda, hal tersebut tentunya akan menjadi pengalaman terbaru yang mengesankan untuk pelanggan baru anda. Dan dampak dari hal ini, bisnis anda dapat dipastikan bisa bergerak maju mengalahkan pesaing pada bisnis yang anda jalankan.

3. Tingkatkan Kualitas Produk.


Kalau menang anda punya produk yang di tawarkan pada mereka, cek ulang dan lakukan penelitian terhadap produk yang anda pasarkan. Apakah produk sudah maksimal atau masih belum sempurna untuk di pasarkan.

Berbicara kesempurnaan produk tentu tidak ada sebuah produk yang sempurna, karena setiap produk akan menurun tingkat kualitasnya seiring berjalannya waktu, oleh sebab itu para pembuat template juga membuat jenis template versi 2, template versi 3, dan seterusnya yang di sesuaikan dengan perkembangan dari hari ke harinya.

Jika produk yang anda pasarkan itu sudah kuno atau tidak memenuhi standar kualitas produk saat ini,maka otomatis produk anda kurang diminati dan tentunya ini akan membuahkan sebuah kerugian besar bagi perusahaan anda tersebut.

Lakukan perubahan pada produk yang anda jual dan tingkatkan kualitas produk itu sendiri sesuai dengan perkembangan saat ini, dan ini tentu akan membuat perusahaan atau bisnis anda semakin maju dan semakin di depan.

4. Lakukan Promosi.


Kegiatan promosi ini mungkin bisa dibilang kegiatan yang akan banyak menyita waktu dan juga menguras uang kita. Sehingga perlunya kita untuk melakukan riset pada setiap tindakan tersebut, riset atau melakukan sebuah perencanaan dan strategi yang tepat dan matang, tentu akan membuahkan hasil yang jauh lebih maksimal.

Pasalnya gencar dalam melakukan promosi saja tidak cukup tanpa di dasari perencanaan yang matang dan justru hal tersebut akan membuat waktu serta uang yang kita keluaran akan terbuang sia-sia.

Lakukan riset terlebih dahulu untuk membuat perencanaan, seperti mengetahui target market untuk produk kita, media yang akan kita gunakan, potensi dari pemasaran yang di lakukan. Semua hal tersebut wajib kita kakukan atau ketahui sebelum gencar dalam berpromosi. Tindakan yang tepat akan membuahkan hasil yang maksimal untuk bisnis anda.

5. Harga Pasaran.


Pembeli sekarang itu sudah pintar-pintar, sehingga mereka tahu berapa harga pasaran dari sebuah produk. Tentunya mereka akan membandingkan harga produk yang anda tawarkan dengan harga produk di tempat lain.

Sehingga, jika harga yang anda tawarkan jauh lebih mahal dari tempat lain, maka mereka akan memilih tempat lain dengan produk yang sama dan begitu pula apabila anda memberikan harga produk yang tidak masuk akal ( murah ) melebihi harga standar dari produk tersebut.

Hal tersebut juga akan membuat pembeli merasa kurang yakin atau percaya dengan kualitas produk yang anda tawarkan, mereka cenderung akan menilai jelek produk yang anda jual, seperti produk tiruan atau hanya model penipuan saja.

Bagaimana memberikan harga yang pantas untuk produk anda?? Lihat saja kualitas produk itu sendiri, dan harga bisa disesuaikan dengan kualitas produk anda tersebut.

Seperti halnya kalau anda ingin menjual blog, blog memang memiliki potensi bagus bila di kembangkan, tapi untuk saat ini blog tersebut tidak memiliki pengunjung yang memadai, aleka rank yang memadai, kualitas artikel dan jumlah artikel tidak memadai, tapi anda mematok harga yang tidak masuk akal atau sangat mahal, maka saya yakin tidak akan ada yang mau membeli blog anda tersebut, walaupun anda menawarkan blog anda di tempat jual beli blog yang sudah ramai sekalipun. Karena kualitas dari produk itu sendirilah yang akan membuat nilai jual produk semakin tinggi.

5 Cara Mengalahkan Pesaing Bisnis Di Tengah Ketatnya Pesaingan diatas bisa anda coba dan buktikan sendiri keampuhan dan seberapa efektivkah cara diatas untuk kemajuan bisnis anda.

Posting Komentar untuk "5 Tips Cara Mengalahkan Pesaingan Bisnis Di Tengah Ketatnya Pesaingan"