Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan 6 Fungsi pada Home Gym 1 Sisi

Panduan 6 Fungsi pada Home Gym 1 Sisi

Jika anda punya rencana untuk memiliki home gym di rumah sendiri, dan masih bingung memilih alatnya seperti apa, berikut kami uraikan 6 fungsi yang terdapat pada alat multi gym 1 sisi untuk home use.

Alat ini dinamakan Home Gym 1 Sisi, memiliki 6 fungsi untuk masing latihan mewakili beberapa otot tubuh seperti bicep, tricep,dada, perut, punggung, bahu, bicep, tricep, paha depan (quadricep), paha belakang (harmstring), kaki belakang, arm.

Panduan 6 Fungsi pada Home Gym 1 Sisi

 

1. Butterfly

butterfly Dua bilah lengan pada home gym, berfungsi untuk membentuk otot dada bagian depan. Gerakan menyerupai kupu-kupu dengan settingan beban sesuai dengan kemampuan. Caranya, letakkan kedua lengan anda pada bantalan butterfly membentuk sudut siku-siku, lalu tarik ke depan sekuat tenaga dan lepaskan. Ulangi latihan sebanyak 3 set, masing-masing 10-15 repetisi.

2. Benchpress

tips-melatih-otot-dada-chest-20120911174612-1184 Fungsi utama benshpress ialah untuk melatih otot lengan. Pada alat home gym multi fungssi juga terdapat benshpress yang menyatu dengan butterfly. Dengan melepas pengunci bagian atas, butterfly sudah bisa berfungsi sebagai benchpress. Atur beban di bagian belakang, lalu lakukan latihan sebanyak 3 set, masing-masing 10-15 repetisi.

3. Pull Down

LatPullDownLatihan Pull Down berfungsi untuk membentuk otot dada dan punggung. Untuk melatih otot dada, posisikan tubuh anda menghadap home gym, lalu tarik stik pada bagian atas home gym ke bawah hingga dada, membentuk sudut 45 pada siku. Lakukan 3 set, masing-masing 10-15 repetisi.

4. Leg extention

Fungsi ini berguna untuk melatih otot paha bagian depan. Gerakannya dalam posisi duduk dan bersandar pada bar, dengan settingan beban sesuai kemampuan, angkat pergelangan kaki ke depan sampai terlihat lurus, lalu turunkan. Lakukan 3 set, dengan masing-masing 10 repetisi.

5. Cable Crunch

Cable+CrunchAlat ini berfungsi untuk memlatih otot-otot bagian sekitas perut.
Gerakannya, dengan pegangan pada dua ujung tali, kemudian badan di tekuk ke depan sampai mencapai sudut 45 derajat.

6. Cable Biceps Curls

standing-biceps-curl-1Untuk melatih otot tangan terutama bicep, bisa menggunakan fungsi Cable Biceps Curls. Letaknya di bagian bawah, berdekatan dengan leg extention. Cara menggunakan, dalam posisi berdiri menghadap home gym, angkat stick cable bicep curls sampai sejajar dengan bahu, lalu turunkan. Ulangi gerakan 2-3 set.

Ke enam point di atas merupakan fungsi utama dari sebuah unit Home Gym 1 Sisi. Selain itu, masih terdapat gerakan-gerakan lain yang merupakan kombinasi dari beberapa fungsi tersebut untuk melatih bagian-bagian otot tubuh yang lainnya. Total, ada dua puluh dua gerakan yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan fungsi-fungsi di atas.

Posting Komentar untuk "Panduan 6 Fungsi pada Home Gym 1 Sisi"