Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Sosok Pencipta Lagu Bangun Tidur Anak-anak

Mengenal Pencipta Lagu Bangun Tidur

Mengenal Sosok Pencipta Lagu Bangun Tidur Anak-anak - Siapa yang tidak kenal Pak Kasur? Ia adalah seorang pemerhati pendidikan sekaligus seorang pencipta lagu anak-anak. Nama lengkapnya Soerjono. Ia lahir di Purbalingga, 26 Juli 1912. Dulunya, ia seorang pemandu acara di TVRI bernama Taman Indria. Ialah pencipta lagu bangun tidur anak-anak.

Lagu Anak-anak Semakin Langka


Dewasa ini, sudah sulit kita temui lagu khusus untuk anak-anak. Kini, anak-anak sekalipun sudah berkiblat pada lagu dewasa dan manca. Industri musik anak-anak tengah kolaps digerus industri musik bergenre dewasa. Mau tak mau membuat anak-anak mengidolakan para penyanyinya dan menjadi salah satu konsumen tetapnya karena tidak ada alternatif lain.

Beberapa musisi pernah mencoba menumbuhkan industri musik anak-anak yang tengah tertidur panjang. Akan tetapi, pasar belum juga bergeliat. Anak-anak telah memutuskan siapa idola mereka. Bukan lagi trio kwek-kwek atau penyanyi cilik lainnya, melainkan band-band serta boyband-boyband dalam dan luar negeri. Tidak sedikit dari anak-anak itu yang hafal lirik lagu mereka bahkan mengikuti gaya para idola yang mereka yakini “up to date”.

Mengidolakan seseorang memang tidak salah, selama ia memberi tauladan yang baik kepada para penggemarnya. Masalahnya, bagaimana para musisi ini memberi contoh yang baik kepada anak-anak kita jika mereka terjerat masalah susila dan hukum? Tentu ini menjadi tamparan bagi para orang tua bahwa selama ini tidak memberi bimbingan buah hatinya dalam menyukai sesuatu atau seseorang.

Para psikolog anak sependapat bahwa musik akan membawa perasaan ceria seorang anak. Perasaan ceria sangat penting untuk menunjang pertumbuhan anak secara maksimal. Keceriaan juga akan membuat seseorang memiliki banyak teman karena cenderung mudah bergaul. Sebaliknya, kegemaran lagu dewasa akan membawa dampak cukup serius untuk anak.

Anak akan tumbuh menjadi dewasa melampaui usianya sebenarnya terutama dalam hal mengenal rasa cemas, marah, atau mengartikan perhatian lawan jenisnya. Sebagai orang tua, kita tidak mungkin mengawasi anak kita sepanjang hari karena sebagian waktu anak akan dihabiskan untuk kegiatan di luar rumah baik sekolah maupun bermain.

Salah satu jalan yang bisa kita coba terapkan adalah memilah-milah tontonan yang dikonsumsi anak-anak kita. Jangan canggung untuk menemani mereka menyaksikan acara televisi sekalipun itu film kartun. Walaupun pencipta lagu bangun tidur anak-anak, Pak Kasoer telah berpulang, memperkenalkan karya-karya beliau bukanlah pilihan yang buruk.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sosok Pencipta Lagu Bangun Tidur Anak-anak"