Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Bisnis Peternakan Paling Menggiurkan untuk Dicoba

Bisnis Peternakan Paling Menggiurkan

3 Jenis Bisnis Peternakan Paling Menggiurkan - Indonesia saat ini membutuhkan banyak pengusaha untuk meningkatkan perekonomian negara. Ditambah lagi dengan susahnya mencari pekerjaan dari hari ke hari yang menuntut masyarakat untuk dapat berfikir kreatif dalam mencari pundi-pundi keuangan melalui dunia wirausaha atau bisnis. Banyak bisnis yang sebenarnya bisa Anda jalankan untuk mendapatkan penghasilan. Salah satunya adalah berbisnis di bidang peternakan.

Bidang peternakan merupakan bidang yang cukup bagus untuk djjadikan sebagai lahan bisnis. Kebutuhan akan hewan ternak, baik sebagai makanan maupun obat-obatan tidak pernah berhenti. Malah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Sementara itu, belum banyak masyarakat yang mengambil langkah untuk memulai sebagai peternak.

Hal tersebut membuat peluang untuk berwirausaha  di bidang peternakan menjadi hal yang cukup menjanjikan. Ada beberapa usaha yang bisa Anda tekuni di bidang peternakan. Apa saja jenis bisnis peternakan yang punya prospek bagus atau cukup potensial tersebut? Berikut gambarannya untuk Anda:

1. Beternak Hewan Penghasil Makanan

Bagian pertama dan paling utama adalah beternak atau menjadi peternak itu sendiri. Anda memiliki hewan ternak yang dikembangbiakkan dan nantinya akan diperjual belikan. Jika ingin menjadi peternak, maka beternak hewan yang menghasilkan bahan makanan akan sangat potensial.

Mengapa demikian? Tidak lain karena kebutuhan akan makanan tidak akan pernah putus, seperti daging, telur dan ikan. Sapi, kambing, ayam dan ikan adalah prospek bisnis yang cukup potensial.  Beternak sangat menguntungkan karena jika berhasil, hewan ternak akan semakin lama akan semakin berkembang  dengan luas dan pesat.

Berkaitan dengan  beternak, saat ini beternak ikan lele menjadi bisnis yang sangat digemari sebab makanan dengan bahan ikan lele banyak disukai berbagai kalangan masyarakat. Sementara itu, modal dan cara pembudidayaan ikan lele tergolong cukup mudah sehingga akan sangat menguntungkan untuk dilakoni.

2. Beternak Hewan Penghasil Obat-Obatan

Selain menghasilkan makanan, ternak juga menghasilkan obat-obatan seperti lintah, semut jepang, cacing, lebah dan lainnya. Peternakan hewan untuk obat-obatan ini belum terlalu banyak dilakoni pebisnis  karena hewannya memang agak aneh. Selain untuk obat, binatang tertentu biasanya juga dijadikan sebagai bahan pembuatan kosmetik dan beberapa produk kecantikan.

Karena belum banyak yang mengambil jenis ini, sementara kebutuhan terus meningkat, maka di situlah peluang yang cukup besar. Hanya segelintir pedagang yang menyediakannya dan Anda bisa mengambil bagian dalam bisnis peternakan ini. Anda bahkan bisa memonopoli perdagangan jika peternak masih minim sehingga harga bisa ditentukan sendiri.

3. Menjual Pakan Ternak

Jika ada hewan ternak, maka hewan tersebut tentu membutuhkan makanan untuk kelangsungan hidup. Nah, di sinilah salah satu peluang. Apalagi jika tinggal di lingkungan peternakan seperti ternak ayam, ikan dan lain-lain. Anda bisa menjadi agen atau toko yang menyediakan segala kebutuhan hewan ternak.

Anda juga dapat menjadi pemasok tetap makanan untuk peternakan tertentu baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah besar. Jika sudah menjadi pemasok makanan secara rutin untuk peternak tertentu maka keuntungan akan terus mengalir. Jadi, selain beternak juga menjual makanan ternak. Sekali jalan, dua tiga bisnis terjalankan. Pemasukan semakin bertambah.

Nah, itulah jenis-jenis usaha yang bisa dilakukan di bidang peternakan. Untuk jenis hewan yang akan diternakkan, dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di lingkungan sekitar. Bagian yang paling penting untuk dilihat adalah peluang permintaan terhadap barang ataupun jasa yang ingin ditawarkan. Selamat mencoba.

Top~
Top~ Seorang Blogger Nubie yang Ingin Terus Berkarya ...

Berlangganan via Email