Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Hal Yang Penting Dalam Memulai Bisnis Travel Umrah

Hal Yang Penting Dalam Bisnis Travel Umrah


Bisnis agen travel dan umrah saat ini sedang banyak dilakukan oleh para pebisnis. Hal ini dikarenakan, setiap tahun bahkan setiap bulannya orang-orang silih berganti pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah umrah. Hal ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang sangat menjanjikan untuk Anda.

Namun, menjalankan bisnis agen travel umrah memiliki tantangan tersendiri.  Banyak hal yang harus diperhatikan agar bisnis agen travel umrah dapat maju dan sukses. Berikut tips-tips untuk memulai dan menjalankan bisnis agen travel umrah yang bisa jadi pedoman untuk Anda :

1. Pastikan agen travel Umrah Anda memiliki izin yang resmi

Mengingat banyaknya kasus penipuan dengan kedok umrah saat ini, tentu menjadi trauma tersendiri bagi masyarakat. Tentu saja hal ini terjadi sebab biaya umrah bukanlah biaya yang sedikit. Sebagian orang bahkan menabung bertahun-tahun agar bisa umrah.

Kerugian yang dirasakan tentu akan sangat besar.  Nah, Anda sebagai jasa agen umrah resmi bisa mengambil kesempatan di sini. Karena itu, pastikanlah bahwa bisnis Anda memiliki izin resmi dan kekuatan hukum yang jelas sehingga dapat meningkatkan kepercayaan calon pengguna jasa umrah.

2. Fasilitas yang lengkap dan layanan yang berkualitas

Bentuk pelayanan yang baik terhadap calon jamaah umrah, berikan mereka layanan yang berkualitas serta fasilitas-fasilitas yang lengkap buat mereka selama di perjalanan hingga saat berada di sana. Sebab jika suatu saat mereka telah pulang nanti, layanan dan fasilitas Anda akan menjadi sesuatu yang dibicarakan pada keluarga dan orang lain.

Jika terjadi keluh kesah dan didengar oleh orang lain, maka bisa menjadi citra negatif bagi bisnis Anda.

Sebaliknya, jika mereka mendapatkan kesan yang bagus, maka secara tidak langsung mereka akan promosi tanpa harus membayarnya.

3. Bekerja sama dengan katering makanan Indonesia

Salah satu kendala yang sering ditemukan para jemaah umrah adalah makanan. Banyak masyarakat Indonesia yang tidak biasa dan bahkan tidak bisa memakan masakan dari negara lain. Hal ini akan menjadi masalah bagi mereka saat melakukan ibadah. Sebagai agen yang baik dan profesional, Anda harus memperhatikan hal ini juga.

Bukan hanya perjalanan dan penginapan, namun perhatikan pula makanan mereka. Bagaimana caranya? Bekerjasama dengan katering makanan Indonesia di tanah suci sana untuk menyediakan makan bagi jamaah. Dengan demikian, jemaah tidak harus susah payah mencari makanan yang sesuai lidah mereka.

4. Sediakan ustad pemandu dari Mekkah

Tidak semua jamaah umrah sudah benar mengerti tata cara umrah yang benar atau juga tempat-tempat di Mekkah. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menyediakan seorang “pemandu” umrah. Kebanyakan agen umrah membawa seorang ustad dari Indonesia untuk ikut serta ke tanah suci.

Lakukan hal yang berbeda. Untuk mendapatkan seorang pemandu dari sebuah daerah, pilihlah orang yang sudah mengenal tempat tersebut dengan baik. Apa artinya? Akan lebih baik apabila merangkul seorang ustad atau setidaknya mahasiswa yang sudah lama bermukim di Mekkah dan telah mengenal seluk beluknya.

Mereka akan lebih memahahi tata cara umrah sebab sudah tinggal di sana setiap saat. Selain pengetahuannya, juga Anda bisa menghemat bisaya transportasi apabila Anda membawanya dari rumah.

5. Tetapkan harga bersaing

Apapun bisnisnya, mau barang atau jasa, harga menjadi hal yang menjadi prioritas perhatian. Kenapa? Selain kualitas orang-orang tentu akan memperhatikan harga, apalagi untuk hal yang membutuhkan biaya yang besar.

Untuk pertimbangan ini, Anda harus jeli melihat harga di pasaran. Lakukan survey sesering mungkin untuk memantau harga pasar sehingga Anda dapat menetapkan harga yang bersaing.

Itulah 5 tips yang bisa Anda pertimbangkan dalam menjalankan bisnis agen travel umrah. Semoga tips-tips tersebut bisa mejadi pertimbangan bagi Anda., Salam Wirausaha

Posting Komentar untuk "5 Hal Yang Penting Dalam Memulai Bisnis Travel Umrah"