Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bisnis Potensial Di Daerah Pariwisata Yang Layak Dicoba

Bisnis Potensial Di Daerah Pariwisata

Seseorang yang punya jiwa bisnis akan cerdas memanfaatkan peluang yang ada disekitarnya. Mampu memanfaatkan berbagai situasi dan kondisi sebagai celah bisnis yang bagus dan menambah pundi-pundi. Salah satu bisnis yang dapat dimasuki dan terbuka lebar untuk dikembangkan adalah bisnis yang terkait dengan dunia pariwisata.

Bisnis dalam bidang pariwisata memberikan peluang dan prospek yang sangat menjanjikan di Indonesia. Kenapa? Sebab Indonesia memiliki pariwisata yang indah dan beraneka ragam. Pesona pariwisata Indonesia dikarenakan oleh pemandangan alam yang eksotis baik di pantai, gunung dan danau.

Tidak hanya keindahannya saja, Indonesia juga kaya akan budaya-budaya yang unik sehingga setiap tahun baik turis lokal maupun international terus berdatangan. Hal ini merupakan sebuah kesempatan dan peluang untuk membuka bisnis. Apalagi jika Anda tinggal di kawasan wisata. Sangat sayang apabila menyia-nyiakan kesempatan yang ada.

Jika masih bingung menemukan ide bisnis yang cocok, berikut beberapa bisnis potensial yang bisa dikembangkan dalam di area pariwisata.

1. Bisnis kuliner


Di manapun orang-orang berada, pasti membutuhkan makanan. Begitu pula dikawasan wisata. Membuka bisnis kuliner di kawasan wisata akan memberikan prospek yang cukup menjanjikan. Anda bisa berdagang makanan berat maupun penganan ringan.

Tapi ingat, untuk bisnis kuliner di area wisata, pilihlah makanan-makanann yang unik atau makanan khas daerah tersebut sehingga mengundang penasaran pengunjung untuk mencobanya. Sesuaikan juga kondisi cuaca dengan makanan yang nanti akan dijual. Di daerah pantai makanan dingin dan segar mungkin lebih laris. Sebaliknya, di lingkungan pegunungan makanan panas atau makanan pedas akan lebih disukai

2. Bisnis souvenir


Mengunjungi salah satu tempat wisata tidak akan lengkap rasanya tanpa membawa souvenir khas tempat wisata tersebut. Nah, hal ini dapat dimanfaatkan. Anda bisa membuat dan berdagang souvenir sesuai dengan ciri tempat dan budaya khas tempat wisata yang ada. Anda bisa membuat souvenir seperti miniature bangunan, perhiasan dari bahan alami, gantungan kunci, hingga pakaian atau kaos bertema tempat wisata tersebut.

3. Bisnis Penginapan


Bisnis potensial selanjutnya adalah beribisnis penginapan. Mungkin terpikir ini agak sulit karena bisnis ini tentu membutuhkan modal yang sangat besar. Namun, penginapan bukan selalu harus hotel mewah. Lagipula tentu tidak semua wisatawan memiliki dana yang besar untuk membayar hotel.

Anda mencoba memanfaatkan rumah kosong atau bahkan kamar kosong di rumah untuk disewakan sebagai penginapan. Atau juga rumah sederhana kecil-kecilan dari kayu yang dibuat semenarik mungkin untuk turis beristirahat. Rumah-rumah unik tersebut bahkan lebih disukai para pengunjung

4. Jasa Fotografi


Apa bukti seseorang telah mengunjungi sebuah tempat wisata? Foto. Ya zaman sekarang tidak lengkap kalau berwisata tidak foto-foto. Berfoto bahkan menjadi lebih diutamakan daripada menikmati alam itu sendiri. Terkait hal ini, bisnis fotografi bisa ada manfaatkan.

Meskipun saat ini hampir semua orang sudah memiliki kamera dan smartphone yang dilengkapi kamera. Namun terkadang ada beberapa kendala yang membuat foto yang mereka inginkan tidak bisa di dapatkan seperti kualitas kamera yang kurang bagus, tidak bisa mengambil sisi atau angle yang bagus, mendapatkan pemandangan latar yang menarik.

Untuk mendapatkan gambar yang sempurna, tak sedikit yang mempercayakan kepada kepiawaian seorang fotografer. Jika Anda memiliki keahlian dalam hal fotografi maka ambillah kesempatan tersebut. Hanya dibutuhkan sebuah kamera yang bagus untuk menghasilkan foto-foto yang memuaskan.

Anda masih mau menyia-nyiakan kesempatan bisnis yang berpotensi tersebut?Cobalah salah satunya baik untuk sampingan maupun sebagai pekerjaan utama.

Top~
Top~ Seorang Blogger Nubie yang Ingin Terus Berkarya ...

Berlangganan via Email