Wajib Dilindungi! Inilah 12 Jenis Hewan Langka di Dunia

Jenis Hewan Langka di Dunia

Hewan seperti apakah dapat dikatakan sebagai jenis hewan langkah di dunia? Hewan langka adalah hewan yang keberadaan telah sulit ditemukan serta memiliki populasi yang tinggal sedikit. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kelangkaan populasi hewan ini, antara lain pemburuan hewan secara liar, semakin berkurangnya habitat tempat tinggal hewan akibat perambahan hutan.

Oleh karenanya untuk mencegah kepunahan hewan-hewan ini di beberapa negara telah membuat peraturan tentang hewan langka yang dilindungi oleh negara. Hewan ini tidak boleh diperjualbelikan serta dipelihara.

Jenis Hewan Langka di Dunia


Berikut ini adalah beberapa hewan yang telah langka dari berbagai dunia:

1. Badak Jawa dan Badak Sumatera


Hewan ini merupakan hewan asli Indonesia yang sudah mulai berkurang populasinya dan hampir punah.

2. Orang Utan


Hewan jenis kera yang berasal dari Kalimantan. Pemerintah Indonesia berusaha melestarikan hewan ini karena merupakan salah satu hewan yang hampir punah.

3. Giant Galapagos Tortoise


Kura-kura ini adalah kura-kura raksasa yang berasal dari Kepulauan Pinta. Hewan yang tinggal satu-satunya di pulau tersebut.

4. Lumba-Lumba Baiji


Hewan langka ini berada di Sungai Yangtze, Tiongkok dan hanya tinggal terdapat 10 ekor saat ini.

5. Hispid Hare


Termasuk dalam spesies kelinci langka yang terdapat di Himalaya, Nepal serta Bengal.

6. Elang Jawa


Hewan yang berasal dari Indonesia ini hanya tinggal  memiliki populasi sekitar 250 ekor. Merupakan hewan langka yang banyak diperjualbelikan di perdagangan gelap.

7. Bird of Paradise


Burung yang unik dan sangat langka ini berasal dari New Guinea. Memiliki bulu dengan warna-warni yang sangat indah serta dapat berubah bentuk.

8. Temminck’s Tragopan


Burung yang sangat unik dan langka ini berasal dari hutan di wilayah Asia Selatan. Memiliki tampilan kulit pada bagian depan yang menyerupai bulu.

9. Burung Kakapo


Satu-satunya spesies burung kakaktua yang tidak bisa terbang. Terdapat di wilayah Selandia Baru.

10. Olm


Spesies kadal yang terdapat di wilayah Italia. Sebagai makhluk amfibi hewan ini hanya mengandalkan indera pendengarannya saja karena kebutaan total yang dimilikinya.

11. Hiu Berjumbai


Hiu yang telah hidup sejak masa dinosaurus namun masih ditemui hingga saat ini di beberapa tempat di dunia. Memiliki bentuk seperti  belut raksasa, tanpa sirip di punggung yang menajadi ciri khas hiu.

12. Monito Del Monte


Spesies marsupial yang berasal dari daerah Chili, Argentina. Hewan yang sangat langka di dunia.

Demikian lah 12 jenis hewan langkah di dunia yang perlu dilestarikan. Semoga bermanfaat.
Baca Juga

Share this