7 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Menjadi Pengusaha

7 Alasan Penting Kenapa Kamu Harus Menjadi Pengusaha

Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia berprofesi sebagai karyawan baik itu swasta maupun pada perusahaan pemerintah. Inti nya pekerjaan yang mereka lakukan nanti nya akan di beri imbalan berupa gaji yang sudah di patok besarannya.

Sebagian lainnya memilih sebagai seorang pengusaha yaitu mereka yang melakukan usaha sendiri tanpa ada nya bos yang menyuruh mereka, atasan satu satu nya adalah para pelanggan yang membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan.

Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadi Pengusaha


Sebenarnya menjadi seorang pengusaha memiliki banyak keuntungan dan kelebihan dari pada menjadi seorang karyawan. Bagi saya pribadi pun sebenarnya bercita cita menjadi seorang pengusaha dan berencana memulai nya dalam beberapa bulan kedepan setelah saya berhenti dari pekerjaan karyawan ini.

Saya juga punya pengalaman berwirausaha saat baru lulus dari SMK beberapa tahun lalu, dari itu lah saya bisa merasakn perbedaan nya menjadi karyawan dan pengusaha walau pun kecil kecilan. Berikut saya paparkan 7 alasan kenapa kamu harus menjadi pengusaha muda.

1. Tidak Ada Bos


Tentunya menjadi beban tersendiri saat kita sudah melakukan pekerjaan dengan sebaik baik nya namun masih saja kurang di mata bos. Berbagai macam omelan tentunya akan kita terima terlebih lagi saat kita melakukan kesalahan yang bisa mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.

Pengalaman saya sendiri saat beberapa tahun lalu bekerja sebagai Quality Control di sebuah pabrik ban yang termasuk dalam 7 perusahaan ban terbesar di dunia.

Saat itu saya sempat beradu mulut dengan Supervisor Produksi karena hampir 90% produk nya saya beri label NG ( Not Good ), alasan saya memberi label tersebut tentunya dari spesifikasi yang saya terima dari atasan. Kemudian Supervisor

Produksi tersebut memanggil atasan saya, disana terjadi perdebatan antara saya dan Supervisor Produksi karena saya bersikukuh memberi label NG pada barang tersebut.

Tapi apa akhirnya ?

Malah saya yang kena omelan dan di marahi oleh atasan saya padahal pekerjaan saya sudah sesuai prosedur, akhir nya barang tersebut diberi label OK oleh atasan saya.

Berbeda jika kita menjadi seorang pengusaha, tidak ada bos yang akan memarahi atas kerja terbaik kita karena kita sendiri lah bosnya.

2. Penghasilan Tak Terbatas


Sebagai seorang karyawan tentu akan menerima gaji sebesar nominal yang telah ditetapkan setiap bulannya. Kalau pun meningkat karena kerja lembur itu pun hanya akan meningkat sedikit saja dan tentunya badan akan lebih lelah jika terus terus an bekerja lembur.

Palingan alasan mereka memilih sebagai karyawan adalah karena kepastian, yaa kepastian menerima gaji yang nominal nya hanya segitu saja tanpa peningkatan yang signifikan.

Sangat berbeda dengan seorang pengusaha, memang tidak ada yang menjamin seorang pengusaha akan mendapat kan penghasilan setiap hari, namun juga penghasilan menjadi seorang pengusaha bisa tidak terbatas.

Sebagai contoh nya seorang pemilik warung makanan, tidak ada yang bisa menjamin setiap hari ada orang yang mampir membeli makanan disitu, namun bisa juga suatu saat pemilik warung tersebut bisa menerima pesanan dari sebuah perusahaan untuk menjadi penyedia catering setiap hari ke dalam perusahaan tersebut.

Itulah enak nya menjadi seorang pengusaha dengan penghasilan tek terbatas nya.

3. Kebebasan Waktu


Jam 6 mandi, kemudian makan pagi, memakai seragam dan sepatu, dan kemudian pergi ke tempat kerja setiap hari nya. Pulang sore hari bahkan kadang kadang pulang malam karena lembur di perusahaan.

Mungkin bagi seorang lajang itu tidak masalah tapi bayangkan jika kita mempunyai anak usia balita, saat pagi hari hendak berangkat kerja anak kita belum bangun dan saat malam hari pulang kerja anak kita sudah tidur. Kita tidak bisa melihat keceriaan mereka saat tumbuh.

Namun hal itu tidak akan terjadi jika kita menjadi seorang pengusaha, karena jam kerja seorang pengusaha adalah kita sendiri yang menentukan. Banyak waktu yang bisa kita berikan kepada buah hati kita, kita pun bisa melihat setiap detik mereka tumbuh menjadi dewasa.

4. Menciptakan Lapangan Kerja


Sebagai seorang pengusaha itu berarti kita menciptakan lapangan kerja sendiri. Terus apa manfaat nya jika kita menciptakan lapangan kerja sendiri ? Itu berarti ada satu jatah kita sebagai karyawan yang kosong yang bisa di isi oleh orang lain, secara tidak langsung juga kita telah membantu satu orang mendapatkan pekerjaan.

Terlebih jika usaha yang kita jalankan lancar dan maju pasti nya kita akan membutuhkan bantuan orang lain untuk memajukan usaha yang sedang kita jalankan.

Bayangkan saja jika setiap pemuda di Indonesia berpikiran menjadi pengusaha, bisa di pastikan perekonomian negara akan berkembang pesat karena lapangan kerja menjadi semakin banyak.

Bayangkan pula jika lapangan kerja semakin banyak di Indonesia, maka pengangguran akan berkurang bahkan tidak ada karena setiap pemuda nya mempunyai usaha sendiri dan tidak tergantung dengan perusahaan besar.

5. Membangun Karakter Pemimpin


Di Indonesia ini bisa saya katakan bahwa kekurangan orang yang memiliki jiwa seorang pemimpin. Pemimpin sesungguhnya adalah pemimpin yang bisa membimbing diri nya sendiri dan anak buah nya menjadi seorang yang sukses.

Bukan hanya bisa nya memarahi bawahan yang sudah bekerja dengan keras demi memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Kenapa saya bisa mengatakan bahwa menjadi pengusaha bisa membangun karakter pemimpin ? Karena seorang pengusaha tentunya pernah menjadi seorang yang di bawah berjuang sendiri membangun usaha nya hingga akhirnya bisa berjalan dan berkembang pesat.

Seorang pengusaha pernah merasakan susah nya membangun bisnis sehingga bisa menghargai setiap jerih payah yang di lakukan karyawan nya kepada diri nya.

6. Membangun Jaringan


Merintis usaha tentunya di mulai dari bawah dengan menawar kan barang kita satu persatu kepada pelanggan misal nya. Dengan melakukan tersebut tidak langsung kita sudah membangun dan memperluas jaringan dengan banyak bertemu dengan orang.

Walaupun tidak setiap orang yang kita temui mau menerima tawaran terkait produk kita namun tidak ada yang memastikan bahwa di lain waktu mereka akan kembali dan menerima tawaran kita.

Berbisnis artinya membangun jaringan, mustahil kita bisa sukses tanpa memiliki jaringan yang kuat. Dan jika jaringan tersebut telah di bangun maka segala macam usaha yang kita laku kan akan berjalan dengan sendiri nya. Memang akan terasa berat di awal namun akan manis dan terasa ringan di akhir.

7. Pensiun Dini


Menjadi seorang pengusaha berarti kita sedang membangun aset yang suatu saat akan berjalan dengan sendiri nya walaupun tanpa kita pantau.

Apa itu aset ?

Aset adalah sesuatu yang bisa menghasilkan tanpa kita ikut campur di dalam nya. Contoh mudah nya adalah hotel atau kontrakan yang kita sewakan. Tanpa bekerja pun kita akan menerima uang atau penghasilan dari orang yang menyewa nya bukan ?

Kalau aset sudah berjalan dengan lancar kita bisa secepatnya untuk memutuskan pensiun dini. Mengurangi durasi dalam bekerja dan mencoba menikmati hidup sebagai semestinya. Dan tentunya kita bisa melakukan apa saja tanpa harus khawatir akan kekurangan karena penghasilan akan terus kita dapatkan setiap hari nya.

Putuskan segera masa depan anda dengan menjadi seorang pengusaha. Demikian artikel tentang 7 Alasan Kenapa Kamu Harus Menjadi Pengusaha semoga bermanfaat dan terima kasih.
Baca Juga

Share this