4 Tips Wisata Ke Tempat Wisata Religi

Tips Wisata Ke Tempat Wisata Religi

Tips wisata ke tempat wisata religi – Melakukan perjalanan wisata memang bisa dilakukan kemana saja dan kapan saja. Buat kamu yang gemar banget dengan melakukan perjalanan traveling dan merasa sudah ke semua tempat untuk melakukan perjalanan traveling, maka kini waktunya buat kamu melakukan perjalanan traveling ke tempat yang berbeda. Kini waktunya buat kamu melakukan perjalanan traveling ke tempat wisata lain yang jauh lebih menyenangkan.

Salah satunya kamu dapat melakukan perjalanan traveling ke tempat wisata religi. Kamu yang sebelumnya mungkin belum pernah ke tempat wisata religi kini waktunya buat kamu mencoba melakukan perjalanan wisata ke tempat wisata religi. Dengan begini tentu tak hanya akan memberikan pengalaman yang berkesan akan tetapi juga akan membekaskan nilai spiritual buat kamu.

Dan tak jarang bahkan beberapa travelers mengalami perubahan setelah melakukan perjalanan wisata ini. Umumnya mereka juga akan merasa lebih dekat dengan penciptanya serta juga ada yang memiliki rasa toleransi beragama yang akan semakin besar karena tahu banyak tentang ibadah pemeluk agama lain. Apa saja tips wisata ke tempat wisata religi yang dapat kamu coba kunjungi?

Tips Wisata Ke Tempat Wisata Religi


1. Gunakan pakaian yang sopan


Bagi kamu yang memang sudah sering melakukan perjalanan wisata ke wisata religi tentu kamu juga sudah tahu untuk senantiasa datang dengan menggunakan pakaian yang sopan. Dan ini sebenarnya juga turut menjadi salah satu peraturan yang kamu wajib taati ketika datang ke tempat wisata religi.

Misalkan kalau kamu datang ke wisata religi berupa makam atau masjid, kenakan sarung dan pakaian takwa untuk pria dan kenakan gamis serta hijab untuk wanita.

Dan buat kamu yang datang ke sejumlah kuil bersejarah di Thailand misalnya, kamu diwajibkan untuk datang dengan pakaian serba panjang. Bahkan kalau ke Wat Pho nantinya kamu harus melepas alas kaki saat melihat patung Budha tidur. Jadi kumpulkan informasi sebanyak – banyaknya tentang hal ini.

2. Cari informasinya, jangan lupa!


Cari informasi sebanyak – banyaknya mengenai destinasi wisata yang kamu kunjungi. Kamu bisa cari informasi mengenai wisata religi dari berbagai sumber seperti misalkan internet, buku atau yang lain. Tak ada salahnya juga jika kamu bertanya kepada petugas di lokasi tentang batasan – batasan wisata atas turis yang berkunjung dan apa saja yang perlu dilakukan serta apa saja yang perlu dihindari.

3. Hormati saja jemaat yang sedang beribadah


Kunci melakukan perjalanan wisata religi adalah taat dan toleransi. Jadi jangan hanya ingin dihormati tanpa kamu menghormati orang lain. Hormati orang lain maka nantinya kamu juga akan dihormati oleh orang lain. Misalkan mungkin kamu masih ingat dengan kontroversi perayaan Waisak di Candi Borobudur pada 2013 silam.

Hal ini sebenarnya disebabkan oleh banyaknya turis atau wisatawan yang memaksa mengambil foto para biksu dari jarak dekat. Padahal para biksu ini sedang khusyuk berdoa dan seperti ini yang harus dihindari.

4. Jaga selalu kebersihan di tempat wisata


Menjaga kebersihan memang sudah menjadi suatu hal yang serius yang penting dilakukan. Di Indonesia sendiri sepertinya sudah menjadi rahasia umum soal minimnya tingkat kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya. Dan sebagai seorang traveler utamanya jika berkunjung ke tempat ibadah, ini adalah hal yang wajib kamu ikuti. Jaga selalu kesucian dan kebersihan tempat wisata religi yang tengah kamu sambangi.

Buat kamu yang memang tengah datang ke wisata religi, itulah sedikit informasinya buat kamu tentang tips wisata ke tempat wisata religi. Semoga bermanfaat dan menginspirasi

Share this