4 Tempat Wisata Terkenal Di Bukittinggi Sumatera Barat

Tempat Wisata Terkenal Di Bukittinggi Sumatera Barat

Tempat wisata di Bukittinggi Sumatera Barat memang sangat menarik untuk dikunjungi karena Bukittinggi memang dikenal sebagai daerah yang memiliki pemandangan alam yang eksotis dan menawan.

Tidak heran banyak wisatawan yang menyempatkan waktu berliburnya untuk mengunjungi kota tersebut. Bukittinggi juga dikenal sebagai salah satu kota yang bersejarah karena kota ini dulu pernah dijadikan sebagai ibukota Negara Indonesia sementara ketika Indonesia masih dijajah oleh bangsa asing.

Hal tersebutlah yang membuat banyak peninggalan bersejarah yang saat ini digunakan menjadi tempat wisata yang dapat memberikan wawasan atau pengetahuan kepada wisatawan mengenai kondisi kota Bukittinggi pada jaman dahulu.

Benteng Fort de Kock dan Lobang Jepang merupakan beberapa contoh tempat wisata bersejarah yang wajib dikunjungi jika anda sedang berada di daerah Bukittinggi.

1. Wisata Bukittinggi Benteng Fort de Kock


Benteng Fort de Kock merupakan benteng yang digunakan oleh bangsa Belanda untuk berlindung ketika bangsa tersebut masih menjajah negeri Indonesia. Benteng ini didirikan di pinggir Bukit Jirek yang pada awalnya dinamakan Sterrenschans.

Namun, seiring berjalannya waktu nama benteng ini berubah menjadi Fort de Kock atas perintah Hendrik Fort de Kock yang pada saat itu sedang memimpin pasukan Belanda ketika bangsa tersebut masih menjajah.

Keberadaan benteng ini merupakan suatu bukti bahwa bangsa Indonesia dapat merebut kemerdekaan dari bangsa Belanda yang telah berabad-abad menjajah negeri ini sehingga sudah selayaknya jika benteng ini untuk terus dijaga dan dirawat keberadaannya agar anak cucu kita dapat mengetahui seberapa besar perjuangan para pahlawan dalam menghadapi gempuran bangsa Belanda pada kala itu.

2. Wisata Bukittinggi Lobang Jepang


Bangsa Indonesia memang sempat dijajah oleh beberapa bangsa lain setelah bangsa Belanda pergi dari tanah Indonesia.

Jepang merupakan salah satu Negara yang pernah menjajah tanah tercinta ini yang menimbulkan kesengsaraan dan kesedihan yang mendalam bagi bangsa Indonesia karena selalu ditindas oleh bangsa lain. Lobang Jepang merupakan salah satu tempat wisata di Bukittinggi peninggalan bangsa Jepang.

Lobang di sini maksudnya adalah gua, jadi tempat wisata ini adalah sebuah gua yang dibentuk saat Jepang menjajah Indonesia. Lokasi tempat wisata ini terletak di Bukit Sianok dan merupakan salah satu gua bersejarah peninggalan Jepang karena gua tersebut konon pernah digunakan oleh Jepang sebagai tempat pertahanan saat perang dunia II berlangsung.

3. Wisata Bukittinggi Museum Rumah Adat Baanjuang


Selain kedua tempat bersejarah tersebut, Bukittinggi juga memiliki museum rumah adat Baanjuang yang merupakan salah satu museum terkenal di Bukittinggi. Museum ini memiliki berbagai macam miniatur rumah gadang, rumah makan dan surau yang sangat unik dan menarik perhatian.

Selain memiliki berbagai macam miniatur tersebut, tempat wisata di Bukittinggi satu ini juga memiliki berbagai macam koleksi menarik seperti koleksi binatang-binatang aneh yang diawetkan, koleksi etnografika, dan koleksi numismatika.

Kesemua koleksi ini memang jarang ditemui di berbagai museum manapun dan koleksi tersebut merupakan salah satu ciri khas dari museum ini. Museum ini dulunya didirikan oleh seseorang yang berdarahkan Belanda yaitu Mondelar Countrolleur sekitar tahun 1935.

4. Wisata Bukittinggi Jam Gadang


Satu lagi tempat wisata yang paling terkenal di Bukittinggi adalah Jam Gadang. Jam Gadang juga merupakan salah satu peninggalan bersejarah karena Jam Gadang ini adalah simbol dari kota Bukittinggi. Jam ini terletak di pusat kota Bukittinggi yang dikelilingi oleh sebuah alun-alun dan ramai jika malam Minggu telah tiba.

Banyak sekali kaum remaja yang menghabiskan malam Minggunya hanya untuk sekedar nongkrong atau untuk menikmati keramaian kota Bukittinggi. Jam Gadang yang ada di kota ini memiliki keunikan tersendiri yaitu jika pada umumnya angka 4 yang terdapat pada jam umumnya dituliskan dengan menggunakan angka Romawi IV.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi Jam Gadang ini karena di jam ini angka 4 tersebut dituliskan dengan IIII.

Selain keunikan tersebut, jika anda masuk ke dalam menara Jam Gadang maka anda dapat melihat keindahan kota Bukittinggi dan keindahan alamnya yang begitu menawan sehingga tidak heran jika banyak orang menjadikan Jam Gadang ini sebagai salah satu tempat wisata di Bukittinggi yang menarik untuk dikunjungi.

Share this