4 Tempat Wisata Pantai Di Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Tempat Wisata Pantai Di Jawa Barat yang Wajib Kamu Kunjungi

Provinsi Jawa Barat memang terkenal akan keindahan wisata alam dan pantainya. Bila anda ingin mengunjungi pantai selatan, khususnya pantai selatan yang ada di provinsi Jawa Barat, maka anda bisa mengunjungi beberapa pantai berikut yang memang sudah dikembangkan dengan baik.

Bukan hanya Pangandaran saja yang dimilki Jawa Barat, banyak pantai nan eksotik yang bisa dikunjungi dan tak kalah cantik dengan Pantai Pangandaran.

Tentunya, pengelolaan pantai ini belum sebagus yang ada di Pangandaran. Akan tetapi bukankah lebih baik melihat pantai yang alami dan bersih, daripada ke pantai dengan suasana yang ramai dan cenderung kotor. Bukan refreshing atau rekreasi yang anda dapat, namun malah sakit kepala dan kecewayang bakal anda dapatkan.

Beberapa pantai di Jawa Barat di bawah ini bisa dijadikan pilihan anda apabila ingin menyambangi beberapa pantai selatan di Jawa Barat. Dan yang terpenting adalah keindahan dan kemolekannya juga tidak kalh dengan keindahan pantai pantai yang berada di selatan Jawa.

1. Pantai Karang Hawu di Sukabumi


Pantai ini terletak di Cisolok, Sukabumi. Yang menjadi daya tarik Karang Hawu adalah mitos bahwa pantai ini adalah pantai dalam kekuasaan Lara Kadita atau lebih dikenal dengan Nyi Roro Kidul. Menurut kepercayaan masyarakat setempat, singgasana puteri ini berada di atas karang menjorok ke lautan yang ada di pantai tersebut.

Debur ombak di pantai Karang Hawu ini sangat tenang. Anda bisa berenang, memancing dan bersenang senang dalam laut. Selain itu anda juga bisa menikmati deburan ombak yang menghempas karang di sebelah pantai yang menjorok ke lautan. Pantainya bersih dan nyaman.

Yang perlu anda lakukan hanya nikmati saja suasana di sini, tidak peduli mitos apapun yang membungkusnya. Selama anda tidak melakukan sesuatu yang buruk maka semuanya akan berjalan aman aman saja.

2. Pantai Batu Hiu di Ciamis


Pantai ini terkenal karena adanya batu yang menyerupai ikan Hiu di pinggir pantai. Anda juga bisa menikmati deburan ombak putih yang menghempas karang dari atas bukit. Ombak yang baradu dengan karang dengan pohon pohon hijau di atasnya sangat indah dan mendebarkan, bagaimana suara ombak terpecah di karang.

Selain itu, di Batu Hiu ada tempat penangkaran Penyu. Bila anda tertarik bagaimana mengembangbiakkan tukik tukik, maka datanglah kemari.

Beramain main dan melihat anak anak penyu itu menggelepar di dalam air adalah pemandangan yang seru. Pantai ini sepertinya tempat para Penyu pulang dan bertelur. Karenanya akan lebih baik bila anda yang datang ke sini turut menjaga kelestarian pantai.

3. Pantai Pananjung di Ciamis


Pantai yang satu ini sebenarnya sangat baik bila dikembangkan menjadi pantai wisata. Tetapi karena lokasinya yang berada di Cagar Alam Margasatwa Pananjung Pangandaran, jadi pantai ini akan lebih baik bila dibiarkan dalam kondisi aslinya.

Ombaknya sangat tenang sehingga sangat baik untuk melakukan aktivitas seperti berenang, snorkeling, diving dan dan berjemur. Menikmati keindahan taman laut dan air lautnya yang kehijauan nan indah.

Anda juga bisa berfoto bersama teman atau keluarga bila mau, karena pemandangan di pantai ini juga sangat bagus. Bila anda jago surving maka anda bisa surving di pantai ini, di Pantai Pananjung sangat mengasyikkan untuk surving. Jika anda melihat pemandangan pantai ini dari atas, baru terlihat bagaimana keindahan pasir putih dan air lautnya yang mengagumkan.

4. Pantai Santolo di Garut


Pantai Santolo sudah banyak dikenal oleh warga Bandung. Pantai ini merupakan pantai keluarga. Ombak yang tenang dengan bibir pantai yang landai sangat cocok dijadikan tempat wisata keluarga. Anda bisa dengan bebas masuk ke dalam pantai. Apalagi pasir putih dan keadaan pantai yang bersih.

Banyak terdapat toko toko yang menjual souvenir di sekitar pantai. Bila anda ingin merasakan ombak laut selatan yang terkenal ganas, maka anda bisa naik perahu yang memang disewakan di kawasan wisata Pantai Santolo ini.
Baca Juga

Share this