Pebisnis Online Wajib Tahu: Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?

Blog competition tema Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda

Sejujurnya, artikel Saya buat untuk syarat mengikuti lomba Blog Competition dari Rumahweb, yang bertemakan Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?. Tanpa basa-basi, Anda langsung simak saja artikelnya dibawah ini.

Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?

Dengan semakin meningkatnya perkembangan teknologi juga berimbas pada dunia bisnis. Banyak sekali pebisnis yang mulai memasarkan produk atau jasanya melalui media online. Terutama bagi para pemula dan juga pelaku usaha UKM yang sudah mulai giat belajar teknologi terbaru dan berusaha memanfaatkan website bagi kelangsungan bisnis yang dimilikinya.

Salah satu hal yang perlu disiapkan sebelum membangun sebuah situs web adalah pemilihan nama domain. Kenapa demikian? karena dengan pemilihan nama domain yang tepat dan ideal bisa menentukan tingkat kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Dan ingat, jangan cepat tergoda oleh penawaran domain murah tanpa memikiran nama domain yang tepat. Namun pilihlah nama domain yang relevan dan sesuai dengan produk atau jasa yang Anda pasarkan. Banyak sekali manfaat domain bagi bisnis Anda, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Membuat Website (Termasuk Memanfaatkan Website Builder dari Rumahweb)

Membuat Website (Termasuk Memanfaatkan Website Builder dari Rumahweb)

Apakah Anda sudah punya gambaran bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan dengan adanya domain adalah memiliki sebuah website. Sebagai gambarannya, website merupakan sebuah bangunan dalam dunia maya yang berisi tentang informasi data dalam bentuk gambar, tulisan atau video sedangkan  domain adalah alamat dari bangunan tersebut.

Dengan kata lain, para pengunjung akan bisa melihat tampilan dari toko online Anda melalui alamat domain yang Anda miliki. Para peselancar dunia maya tersebut akan melihat bentuk website yang Anda miliki sama halnya seperti seorang pembeli yang sedang mengunjungi sebuah toko offline untuk berbelanja. Untuk itu percantik website Anda dengan gambar, video atau tulisan yang menarik agar para pengunjung tetap betah untuk berlama-lama berselancar di website yang Anda miliki.

Memiliki Alamat Email

Memiliki Alamat Email

Masih bingung bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Manfaat kedua yang bisa Anda lakukan adalah membuat email bisnis dengan domain yang Anda miliki. Dengan adanya alamat email khusus bisnis ini, reputasi perusahaan Anda akan lebih terlihat profesional, baik di mata konsumen maupun sesama pebisnis.

Selain itu, traffic email juga akan lebih terarah, cepat dan stabil. Hal ini dikarenakan email Anda tersebut tidak tergabung dengan sesama pengguna email lainnya di seluruh dunia. Dan dengan memanfaatkan domain, tingkat keamanan data perusahaan Anda juga akan lebih terjamin.

Menjadikan Laman Social Media sebagai Homepage tanpa Harus Membuat Website

Menjadikan Laman Social Media sebagai Homepage tanpa Harus Membuat Website

Penggunaan sosial media sebagai ajang untuk memasarkan sebuah produk sudah menjadi suatu hal yang wajar dalam dunia bisnis. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah sosial media ini bisa bersaing dengan website dan bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda?. Beberapa sosial media seperti facebook, instagram dan twitter memang berpotensi menjadi pesaing tangguh website.

Hal ini dikarenakan tingkat kepopulerannya serta adanya relasi yang kuat dengan customer baru. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai tools yang ada pada sosial media secara gratis sehingga tidak ada alasan untuk menolak menggunakan sosial media sebagai homepage bagi bisnis Anda.

Domain Dimanfaatkan untuk Nama Website

Salah satu manfaat domain adalah dengan memanfaatkannya sebagai nama website dan hosting Anda. Anda bisa memilih nama dari penyedia web hosting Indonesia dan pilih yang relevan dengan bisnis yang Anda jalani. Selain lebih simpel, dengan nama domain dan hosting yang sama akan lebih mudah diingat baik oleh Anda sendiri maupun para pengunjung yang datang.

Domain Forwarding ke Social Media, Marketplace

Mau tahu bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Manfaat domain yang lainnya adalah dengan menggunakannya sebagai nama sosial media atau marketplace yang Anda miliki. Dengan demikian, sosial media dan marketplace tersebut akan memiliki “nilai lebih” di mata para pengunjung. Hal ini disebabkan karena pemilihan nama yang tepat pada marketplace dan juga sosial media tersebut akan lebih mengesankan bahwa Anda adalah seorang pebisnis yang profesional.

Domain unik menarik dapat menekan pola pembelian

Sudah mulai mendapat gambaran tentang bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Dengan nama domain unik yang Anda miliki bisa berguna untuk membuat pengunjung tetap setia mengunjungi website yang Anda miliki. Hal ini disebabkan karena keunikan nama domain tersebut bisa membuat para pengunjung akan selalu ingat namanya. Disamping itu bisnis Anda juga akan terlihat profesional di mata para pengunjung, calon pembeli dan juga partner bisnis Anda.

Jadi, dengan domain yang unik dan menarik serta hosting murah akan mampu menghasilkan banyak keuntungan, terutama jika bisnis yang Anda miliki adalah jual beli barang. Yang wajib diketahui adalah, antara usaha bisnis yang dijalani harus se linear dengan nama domain yang Anda gunakan.

Dengan Domain bisa melacak keakuratan Lokasi bisnis

Dengan memiliki nama domain yang unik dan menarik pada website yang Anda miliki bisa melacak seberapa akurat lokasi bisnis yang Anda miliki. Pertanyaannya adalah, bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Caranya dengan menggunakan Google Map pada halaman website domain yang Anda miliki. Para pengunjung akan bisa melihat lokasi bisnis Anda dengan mudah dan akurat sehingga mereka tidak akan ragu dengan bisnis yang Anda jalankan.

Berkat Domain Bisnis jadi saling terhubung

Manfaat selanjutnya dari penggunaan domain dan hosting unlimited adalah bisa menampilkan informasi kontak dengan lengkap. Misalnya nomor telepon, alamat email, whatsapp dan line yang biasanya diletakkan pada halaman website. Dengan adanya informasi kontak Anda yang jelas bisa meningkatkan interaksi antara Anda sebagai penjual dengan pembeli.

Sebagai gambaran manfaat domain yang lain bisa menjadikan bisnis Anda saling terhubung adalah, Anda bisa membayangkan website Anda sebagai katalog atau brosur online. Dengan adanya domain, hosting dan website tersebut Anda bisa memperbarui informasi tentang produk serta layanan pada situs yang Anda miliki dengan lebih cepat. Selain itu, cara ini juga lebih efektif untuk memberikan informasi secara up-to-date kepada pelanggan tentang promosi khusus, acara yang akan diselenggarakan, layanan baru atau produk baru yang akan diluncurkan.

Karena Domain juga dapat diintegrasikan ke Sosial media

Sudah paham bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Salah satunya adalah dengan mengintegrasikan domain tersebut ke sosial media. Misalnya saja menghubungkan domain dengan facebook, twitter, instagram atau pinterest. Dengan demikian networking bisnis Anda akan berjalan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya hubungan yang terjalin berkat domain tersebut.

Kesimpulan: Bagaimana Memanfaatkan Domain untuk Bisnis Anda?

Dengan berbagai penjelasan mengenai berbagai manfaat yang ada pada domain tersebut di atas diharapkan bisa membuat Anda tidak ragu lagi untuk memilih nama domain yang sesuai dengan usaha bisnis yang Anda jalankan. Sebuah domain dengan nama yang unik dan se linear dengan bisnis yang Anda jalankan bisa menjadi hal yang sangat penting untuk Anda miliki.

Adakah cara yang tepat bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda? Domain memiliki banyak sekali manfaat, diantaranya adalah dengan adanya domain Anda bisa membuat sebuah website yang keren, bisa menekan pola pembelian, usaha bisnis Anda jadi lebih terhubung dan bisa melacak lokasi bisnis Anda secara akurat.