Alasan dan Cara Mengatasi Kenapa Mahasiswa Sering Mengantuk di Pagi Hari

Alasan dan Cara Mengatasi Kenapa Mahasiswa Sering Mengantuk di Pagi Hari

Untuk Anda seorang mahasiwa, tentu tahu betapa sulitnya untuk tidak mengantuk di kelas saat pagi hari. Apalagi jika tadi malam Anda begadang sampai larut malam.

Selain menyebabkan kurang fokus belajar saat di kelas, mudah ngantuk juga mengakibatkan tubuh Anda menjadi lesuh dan malas untuk berbuat apapun.

Untuk itu, Saya akan berbagi sedikit pengalaman mengenai cara agar tidak mudah mengantuk di pagi hari.

Penyebab Mahasiswa Mengantuk di Pagi Hari

  • Tidak sarapan
Terburu-buru berangkat kuliah di pagi hari, menjadikan sebagian besar mahasiswa meninggalkan kebiasaan sarapan di pagi hari. Terutama, jika mereka bangun tidurnya telat.

Walaupun kelihatannya sepele, hal ini bisa berpengaruh besar terhadap tubuh Anda. Ya, selain menyebabkan ngantuk, hal ini bisa menjadikan Anda tidak fokus untuk belajar di kelas. Amat sayang sekali bukan ...
  • Kurang olahraga
Sebagian besar mahasiswa hanya aktif di organisasi yang bersifat menguras pikiran/akal di kampusnya dan, mereka hampir-hampir jarang untuk melakukan olahraga. Hal ini juga bisa menyebabkan diri Anda mudah mengantuk.
  • Begadang
Begadang, menjadi makanan sehari sebagian besar mahasiswa. Entah itu mengerjakan tugas yang menumpuk/dateline, atau sekedar bercanda tawa dengan teman-temannya.

Kedengarannya sepele, namun hal ini menjadikan tubuh Anda gampang mengantuk di pagi hari.
  • Kurang tidur
Padatnya jadwal kuliah dan pertemuan di organisasi yang Anda minati, kemungkinan menjadikan Anda kurang waktu untuk tidur.

Tips Atasi Mudah Mengantuk di Kelas saat Pagi Hari

  • Minum segelas air putih
Dehidrasi bisa menjadi salah satu penyebab Anda sering mengantuk di pagi hari. Oleh karena itu, dengan meminum setidaknya segelas air putih dapat membuat tubuh Anda kembali segar dan semangat kembali menjalani berbagai aktivitas di pagi hari.
  • Basahi  wajah dengan air
Menurut pernyataan di sebuah jurnal, membilas wajah dengan air dingin dapat mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit dalam tubuh.

Atau, Anda bisa melakukan hal lain seperti menggunakan masker wajah. Namun, untuk seseorang yang memiliki kulit sensitif, mungkin akan menghindari hal ini.
  • Sarapan di pagi hari
Saya pernah mendengar, bahwa sarapan di pagi jauh lebih penting dibandingkan dengan makan siang ataupun makan malam. Karena, di pagi hari Anda sangat membutuhkan sekali banyak nutrisi dan karbohidrat untuk melakukan berbagai aktivitas.

Oleh sebab itu, minimal Anda makan roti dan segelas susu di pagi hari. Sehingga, Anda tidak mudah mengantuk dan pastinya Anda dapat fokus saat pelajaran di kelas.
  • Kurangi minum kopi
Dalam hal ini, Anda bukan diperintahkan untuk tidak meminum kopi, namun Anda hanya diminta untuk mengurangi porsi minum kopi. Seperti menggunakan gelas yang kecil untuk minum kopi.

Ada sebuah pernyataan, dimana seseorang menjadi lelah dan cepat mengantuk setelah ia mengonsumsi kopi minuman berkafein seperti kopi. Karena itu, kurangilah kadar porsi Anda minum kopi. Kalau perlu, minumlah kopi ketika Anda benar-benar ingin meminumnya.
  • Hindari hal yang berbau gula
Biasakan untuk tidak memakan makanan yang mengandung gula di pagi hari. Hal ini dapat membuat tubuh Anda menjadi lemas dan pastinya mudah ngantuk.
  • Tidur yang cukup
Tidur yang ideal untuk manusia ialah sekitar 8 jam/hari. Hal tersebut menyebabkan tubuh Anda menjadi sehat dan bisa mengurangi resiko terjadinya berbagai penyakit.

Untuk hasil maksimal, pastikan Anda tidur dalam keadaan pikiran rileks dan singkirkan dulu berbagai masalah yang ada.
  • Lakukan olahraga, Minimal Jogging
Saya sendiri mahasiswa di sebuah kampus di Jawa dan Saya tahu betul mereka mahasiswa yang ikut organisasi seperti HIMA, BEM hampir jarang untuk melakukan olahraga. Dikarenakan mungkin rapat yang menguras waktu, belum lagi kalau mengerjakan tugas kelompok.

Semua itu, menjadikan tubuh Anda menjadi cepat lelah dan tentunya mudah mengantuk di pagi hari. Tips dari Saya, minimal lakukan jogging di pagi hari saat weekend.
  • Merilekskan tubuh
Mendengarkan musik melalui podcast ataupun radio untuk sekedar merilekskan tubuh Anda di pagi hari, membuat diri Anda terhindar akan stress akibat tugas kuliah ataupun masalah lainnya. Pastinya, Anda jadi tidak mengantuk di kelas.

Demikian tips dan alasan mengapa mahasiswa sering mengantuk di pagi hari. Semoga, dengan membaca artikel diatas, Anda bisa terhindar akan ngantuk di oagi hari. Syukur-syukur Anda sudah tidak lagi mengantuk di kelas saat pagi hari. Terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.
Baca Juga

Share this