Ternyata Sayuran Hijau bisa Menyebabkan Penyakit Batu Ginjal

 merupakan salah satu penyakit yang seram Sayuran Hijau Penyebab Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang menakutkan, lantaran tidak sedikit yang mengalami dan hasilnya dapat serius. Batu ginjal terbentuk dari gumpalan magnesium, kalsium, dan asam urat, yang disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya yaitu jenis masakan yang dikonsumsi.

Makanan yang diketahui memicu terbentuknya batu ginjal yaitu sayuran hijau, hal ini dikarenakan sayuran hijau yang mengandung banyak vitamin dan serat mengandung oksalat.

Apabila mengkonsumsi sayuran hijau terlalu tinggi, maka akan meningkatkan jumlah oksalat dalam urine, yang berikatan dengan kalsium dalam urine sehingga membentuk kerikil ginjal kalsium oksalat. Adapun sayuran hijau yang mengandung oksalat yaitu kale, bit hijau, kacang-kacangan, lobak, bayam, debu cokelat, wheat bran, dan kedelai.

Penyebab Lain Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal juga dapat disebabkan lantaran konsumsi masakan mengandung tinggi protein. Protein hewani mengumpulkan banyak garam dan asam ke urine, yang menyebabkan munculnya kerikil ginjal.

Hal ini yang menyebabkan orang yang memiliki contoh makan vegetarian dan vegan lebih jarang mengalami penyakit kerikil ginjal. Selain problem masakan Batu Ginjal juga disebabkan lantaran sering Menahan Kencing.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal yang lain diantaranya yaitu keturunan, obesitas, dan kekurangan magnesium. Ahli urologi, Philip Buffington, MD mengatakan, cara terbaik untuk menghindari risiko pembentukan kerikil ginjal yaitu dengan mengurangi masakan yang mengandung oksalat tinggi.

Namun tentu bukan berarti harus menghindari sayur dalam asupan sehari-hari, namun cukup dibatasi konsumsinya saja.

Untuk mengurangi kadar oksalat dan menghambat pembentukan kerikil ginjal, dapat dilakukan yaitu mengkonsumsi cukup air, mengurangi penggunaan garam pada masakan, dan menambahkan perasan jeruk (seperti lemon atau jeruk biasa) dalam minuman untuk mengurangi protein hewani.

Mengurangi resiko penyakit kerikil ginjal juga dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi masakan yang banyak mengandung kalsium dan oksalat secara bersamaan.

Hal ini disebabkan lantaran masakan mengandung kalsium dan oksalat secara bersamaan akan saling mengikat dalam lambung dan usus, sehingga zat tersebut akan mengendap dalam ginjal dan urin. Agar lebih sehat Philip Buffington juga menyarankan untuk minum segelas susu atau yoghurt sebagai pendamping dari masakan yang Anda konsumsi.

Ringkasan:
  • Sayuran Hijau mengandung banyak vitamin dan serat mengandung oksalat memicu terjadinya  Batu Ginjal,
  • Sayuran pemicu kerikil ginjal diantaranya yaitu kale, bit hijau, kacang-kacangan, lobak, bayam, debu cokelat, wheat bran, dan kedelai,
  • Mengurangi resiko penyakit kerikil ginjal dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi masakan yang banyak mengandung oksalat dan kalsium bersamaan,
Baca Juga

Share this