Ketahui 6 Penyebab Terlambat Haid Perempuan Subur

 sanggup dikatakan normal atau tidak normal Penyebab Terlambat Haid Wanita Subur

Terlambat Haid sanggup dikatakan normal atau tidak normal, lantaran ada beberapa gangguan kondisi medis serius yang ternyata sanggup diketahui dari intensitas keterlambatan siklus menstruasi. Gangguan siklus menstruasi asing sanggup disebabkan oleh beberapa hal, yang diantaranya yaitu sebagai berikut:

6 Penyebab Terlambatnya Haid dan Gangguan siklus Menstruasi

  • Stres menjadikan gangguan malfungsi pada hypothalamus, yang bertanggung jawab untuk memproduksi hormon selama menstruasi. Sehingga apabila proses produksi hormon ini terhenti, maka sel telur tidak akan berkembang dan menuju dinding Rahim, sehingga perempuan sanggup mengalami keterlambatan haid sampai lebih dari 28 atau 30 hari.
  • Polycystic ovary syndrome, yaitu kondisi dimana badan memproduksi hormon estrogen dan androgen berlebihan, sehingga menjadikan proses ovulasi gagal terjadi.PCOS ditandai dengan terlambatnya siklus menstruasi, munculnya abses di wajah maupun punggung, obesitas, dan munculnya minyak berlebihan di wajah maupun rambut.
  • Terjadi Pituitary tumors di Kelenjar pituitary yang berada di otak. Kelenjar yang besarnya menyerupai kacang ini berfungsi untuk memproduksi beberapa jenis hormon. Sehingga apabila ada tumor yang tumbuh di Kelenjar pituitary, maka siklus menstruasi akan terhambat sampai beberapa waktu. Dan untuk mengatasinya dibutuhkan tindakan operasi.
  • Hypothyroid yaitu kondisi Terlambat haid yang disebabkan kelenjar thyroid tidak memproduksi hormon thyroid dengan cukup.
  • Wanita yang terlalu kurus atau olahraga berlebihan sehingga menjadikan terlalu lelah dan stress sanggup menggangu keseimbangan hormon di dalam badan pemicu keterlambatan haid.
  • Efek pil kontrasepsi yang bertujuan untuk mengatur jarak kehamilan juga sanggup mengganggu siklus menstruasi sekitar 3-6 bulan ketika sesudah menggunakan.
Dari kondisi tersebut diatas, maka apabila anda mengalami keterlambatan haid ebih dari 2-3 bulan padahal tidak sedang hamil, sebaiknya segera lakukan investigasi ke dokter.

Ringkasan:
  • Keterlambatan Haid sanggup menjadi indikasi adanya gangguan kesehatan serius pada badan wanita,
  • Stres dan terlalu lelah menjadi penyebab paling ringan perempuan mengalami keterlambatan haid.

Share this