Cara Mudah Mengatasi Bisul pada Payudara Ibu Menyusui

Cara Mudah Mengatasi Bisul pada Payudara Ibu Menyusui
Payudara Bengkak pada Ibu Menyusui memang sering terjadi beberapa hari pertama sehabis melahirkan. Resiko ini akan meningkat terutama bagi ibu yang tidak sanggup menunjukkan ASI kepada bayi lantaran beberapa sebab. Payudara Bengkak ditandai dengan payudara yang terasa penuh, nyeri, keras, membesar, dan disertai rasa tidak nyaman atau bahkan sakit pada payudara. Kondisi ini tidak hanya terjadi di hari-hari pertama sehabis melahirkan, namun juga sanggup terjadi sehabis ibu sedang tidak menyusui.

Apabila tidak segera diatasi Payudara Bengkak sanggup menjadi persoalan dan ibu akan merasa kesakitan di seluruh tubuhnya. Adapun beberapa cara mengatasi payudara infeksi pada ibu menyusui ialah sebagai berikut:
  • Berikan ASI kepada bayi secara rutin, lantaran payudara yang mengeras sanggup menjadi indikasi bahwa ASI yang sudah penuh. Sehingga apabila payudara ibu menyusui terasa sakit dan mengeras, segera berikan ASI untuk memancing ASI keluar.
  • Memerah ASI, apabila bayi tidak mau menyusu atau bayi membutuhkan perawatan sehingga tidak memungkinkan untuk menyusui. Biasanya bayi juga akan kesulitan untuk melekatkan verbal ke puting lantaran payudara yang terlalu keras atau bengkak. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah untuk memerah ASI sebanyak 10 atau 20ml untuk memancing air susu keluar. Agar lebih mudah, anda sanggup memakai alat pompa ASI. Hindari memerah ASI secara berlebihan, lantaran sanggup meningkatkan pasokan ASI sehingga memicu terjadinya pembengkakkan pada payudara ibu menyusui.
  • Mengompres payudara dengan es yang telah dibungkus handuk sanggup mengurangi rasa sakit akhir payudara bengkak. Dengan mengusapkan es di sekitar payudara hingga ketiak selama delapan hingga 10 menit, sanggup membantu puting meneteskan air susu. Selain es, ibu menyusui juga sanggup mengompres dengan memakai handuk hangat.
  • Lakukan pemijatan Lembut, untuk meningkatkan sirkulasi darah ASI dan mengurangi rasa tidak nyaman pada payudara ibu menyusui.
Pembengkakkan payudara pada ibu menyusui sanggup bermetamorfosis mastitis (keadaan di mana jaringan dalam payudara terinfeksi bakteri). Sehingga apabila ibu menyusui mengalami demam, menggigil, dan rasa tidak nyaman pada payudara tidak juga sanggup diatasi, segeralah lakukan periksakan ke dokter.

Pembengkakan pada payudara ibu menyusui memang sanggup terjadi dalam beberapa waktu terutama beberapa hari sehabis melahirkan. Cara paling gampang untuk mencegah pembengkakan payudara ialah dengan tetap menyusui bayi secara teratur, atau apabila tidak sanggup menyusui, tetap keluarkan ASI dengan alat pompa ASI.

Kesimpulan
  • Payudara Bengkak sering terjadi beberapa hari pertama sehabis melahirkan,
  • Payudara Bengkak ditandai dengan payudara yang terasa penuh, nyeri, keras, bengkak, dan rasa tidak nyaman,
  • Mengatasi Payudara Bengkak sanggup diatasi dengan Rutin Memberikan ASI atau Memerah ASI, Mengompres payudara dengan es atau handuk hangat dan melaksanakan pemijatan lembut pada payudara.

Share this