Ketahui Manfaat Antenatal Care Untuk Kesehatan Ibu Hamil

 yaitu investigasi kehamilan yang dilakukan oleh bidan atau dokter kandungan Manfaat Antenatal Care untuk Kesehatan Ibu Hamil

Woroanyar.com - Antenatal care (ANC) yaitu investigasi kehamilan yang dilakukan oleh bidan atau dokter kandungan, dengan tujuan meningkatkan kesehatan fisik dan psikis ibu hamil sehingga sanggup melalui kehamilan secara lebih sehat.

Pemeriksaan Antenatal Care juga bertujuan untuk mengetahui kesehatan ibu hamil, mendeteksi penyakit, komplikasi kehamilan, pertumbuhan janin menurut usia kehamilan dan risiko yang berafiliasi dengan kehamilan.

Dengan dilakukan antenatal care diperlukan juga sanggup membantu menghadapi persalinan, pasca persalinan, proteksi ASI dan kesehatan reproduksi perempuan sehabis persalinan.

Adapun metode Antenatal care yaitu dengan melaksanakan investigasi kesehatan ibu dan janin secara bersiklus dan teratur kepada bidan atau dokter kandungan, sehingga apabila ada perkembangan asing segera diketahui dan diatasi.

Tujuan Penggunaan Antenatal Care untuk Kesehatan Ibu Hamil

Ibu hamil setidaknya melaksanakan investigasi antenatal care sebanyak 4 kali dengan waktu dan tujuan sebagai berikut:
  • Pemeriksaan pertama dilakukan pada usia kehamilan 14 minggu, yang dilakukan untuk mengetahui resiko kehamilan di trimester pertama dan mencegah anemia pada ibu hamil.
  • Pemeriksaan kedua pada usia kehamilan 14-28 minggu, dilakukan untuk menunjukkan tingkat kewaspadaan ibu hamil terhadap beberapa penyakit kehamilan serperti; gejala preeklamsia, tekanan darah atau pembengkakan.
  • Pemeriksaan Antenatal care ketiga dan keempat dilakukan ketika usia kehamilan trimester ketiga atau menjelang persalinan. Pada investigasi ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan posisi janin sekaligus kondisi mental ibu hamil untuk memperlancar persalinan.

Fungsi dan Manfaat Antenatal Care untuk Kesehatan Ibu Hamil

Adapun pemeriksaan antenatal care mencakup beberapa langkah sebagai berikut:
  • Mengontrol Kenaikan Berat Badan Ibu Hamil sehingga ideal sesuai usia kehamilan, sehingga terhindar dari kenaikan berat tubuh berlebihan atau kurang yang akan mengakibatkan gangguan kesehatan Ibu hamil dan janin di dalam kandungan.
  • Mengukur Tekanan Darah, sehingga terindar dari preeklamsia (tekanan darah tinggi pada ibu hamil) yang akan membahayakan kesehatan ibu dan janin
  • Mengukur Tinggi Fundus Uteri yang setiap minggunya akan mengalami perkembangan atau bertambahnya ukuran.
  • Pemberian Imunisasi pada ibu hamil yang tertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil, sehingga terhindar dari gangguan virus dan basil yang sanggup menyerang ibu hamil dan menganggu pertumbuhan janin.
  • Mencegah Anemia yang membahayakan kesehatan ibu hamil dengan proteksi tablet zat besi.
  • Test Penyakit Menular menyerupai HIV/AIDS, penyakit sipilis, Gonorrhoe atau Infeksi TORCH yang sanggup membahayakan janin didalam kandungan.
Pemeriksaan Antenatal Care yang dianjurkan selama kehamilan yaitu 4 kali. Namun hal ini akan lebih baik apabila dilakukan lebih sering, yaitu 1 bulan sekali dan lebih sering lagi ketika menjelang persalinan, yaitu 1-2 ahad sekali dan akan lebih baik apabila setiap investigasi anda melaksanakan USG sehingga pertumbuhan janin dan posisi janin diketahui secara pasti.

Ringkasan:
  • Antenatal care (ANC) yaitu investigasi ibu hamil oleh bidan atau dokter,
  • Pemeriksaan Antenatal care bertujuan untuk memantau kesehatan ibu hamil dan janin sekaligus mencegah kondisi ancaman pada kehamilan,
  • Pemeriksaan Ibu Hamil minimal dilakukan 4 kali pada trimester pertama, kedua, ketiga dan menjelang persalinan.

Share this