Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Anemia pada Ibu Hamil

Cara Ampuh Mengatasi Penyakit Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada Ibu Hamil apabila diabaikan pada sanggup menganggu kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil yang mengalami anemia akan mengalami gangguan dalam mencukupi sel darah merah yang mengangkut oksigen ke jaringan termasuk ke janin didalam kandungan sehingga harus ditangani dengan cepat dan tepat. Ibu hamil didiagnosa mengalami anemia apabila kadar Hb kurang dari 11 gr/dl pada diawal kehamilan dan menjelang persalinan, dan apabila kadar Hb kurang dari 10,5 gr/dl di usia kehamilan trimester kedua.

Penyebab anemia pada ibu hamil yang paling umum yaitu lantaran produksi rantai hemoglobin yang disebabkan lantaran adanya penyakit tertentu atau mengalami gangguan produksi hemoglobin yang disebabkan berkurangnya zat besi, asam folat ataupun vitamin B12.

Penyebab lain anemia pada ibu hamil yaitu lantaran terjadi pendarahan, bisul parasit, kegagalan sumsum tulang atau penyakit tertentu lainnya.  Adapun beberapa jenis anemia yang mungkin terjadi pada ibu hamil diantaranya adalah:
  • Anemia Defisiensi Zat Besi, yaitu anemia disebabkan lantaran ibu hamil kekurangan zat besi sehingga hemoglobin tidak mencukupi. Ibu hamil yang menderita defisiensi zat besi akan menyebabkan oksigen tidak terikat oleh darah secara cukup sehingga mengalami gangguan kekurangan zat besi, termasuk yang disuplai ke janin.
  • Anemia Defisiensi Folat, yaitu anemia yang disebabkan lantaran ibu hamil kekurangan folat, yang memicu sel darah merah tidak cukup mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.
  • Anemia Defisiensi Vitamin B12, sanggup diatasi dengan meningkatkan konsumsi daging unggas, susu dan telur. Namun apabila ibu hamil tidak menyukai konsumsi jenis masakan tersebut, sanggup berkonsultasi dengan Bidan atau dokter yang menangani kehamilan, sehingga diberikan pelengkap Vitamin B12 yang kondusif untuk Ibu Hamil.

Bahaya Anemia pada Ibu Hamil

Anemia pada Ibu Hamil yang disebabkan lantaran kekurangan zat besi, asam folat dan vitamin B12 sanggup mengganggu pertumbuhan janin dan meningkatkan risiko kelahiran bayi prematur atau berat bayi lahir rendah. Ibu Hamil juga berisiko mengalami depresi dikala persalinan terlalu banyak mengeluarkan darah. Bahkan Anemia yang sangat berat dengan Hb dibawah 4 gr memicu gangguan jantung Ibu Hamil.

Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil

Untuk Mencegah Anemia pada Ibu Hamil, sanggup dilakukan dengan memperbanyak konsumsi masakan yang banyak mengandung zat besi seperti: daging merah, sayuran berdaun hijau, sereal, kacang-kacangan dan telur. Ibu hamil sebaiknya juga mengkonsumsi masakan sumber vitamin C, supaya zat besi yang dikonsumsi sanggup diserap dengan baik.

Selain mengkonsumsi makan-makanan yang sehat, ibu hamil harus rutin melaksanakan pemesiksaan. Hal ini bertujuan, supaya apabila terjadi tanda-tanda anemia sanggup segera diatasi dan tentu tidak membahayakan janin di dalam kandungan.

Ringkasan:
  • Anemia pada Ibu Hamil sanggup memicu persalinan prematur, berat lahir bayi rendah atau ketaknormalan dikala bayi dilahirkan,
  • Jenis Anemia ada tiga yang diantaranya yaitu Anemia Defisiensi Zat Besi, Anemia Defisiensi Folat, Anemia Defisiensi Vitamin B12,
  • Mencegah Anemia pada Ibu Hamil sanggup dilakukan dengan meningkatkan mengkonsumsi makan-makanan sehat dan melaksanakan investigasi kehamilan secara rutin.

Share this